Abstrak
Skripsi ini membahas tentang manajemen komunikasi program lapak baca karang taruna Cakung Barat di era digital. Penelitian ini bertujun untuk memahami manajemen dan evaluasi komunikasi pada program lapak baca di karang taruna Cakung Barat.
Penelitian ini mengacu pada teori cutlip, Center and Broom Methode dimana dalam melakukan manajemen komunikasi menggunakan 4 langkah yaitu, analisis komunikasi perencanaan komunikasi, aksi komunikasi dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode analisis kualitatif deskriptif melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini penulis memperoleh data: pertama, mengenai pelaksanaan komunikasi di karang taruna Cakung Barat masih kurang baik, kedua, anggota karang taruna terdapat aktivitas lain, anggota tidak memahami isi pesan, masyarakat kurang merespon program lapak baca, kurangnya koordinasi antara karang taruna dengan masyarakat, adanya keterlambatan atau dalam penerimaan pesan, Ketiga usaha yang dilakukan karang taruna Cakung Barat dalam menarik minat baca untuk mengatasi adanya faktor pengahambat dalam pelaksanaan komunikasi. Hasil penelitian ini menyarankan kepada karang taruna Cakung Barat dalam menarik minat baca yakni komitmen tentang program lapak, serta kordinasi antara masyarakat harus ditingkatkan serta dapat menjalin dan membangun komunikasi secara efektif.