OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-22344
Judul : PESAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Analisis isi Kualitatif Pesan Dakwah Dalam Akun Tiktok @Hiyung_agam)
Pengarang : Sintha Ayu Ratna Gumilang
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-22344 S06-22344 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77103
 Abstrak
Dakwah termasuk peran yang penting untuk berlangsungnya kehidupan masyarakat yang damai dan rukun sesuai dengan ajaran agama Islam. Pesan dakwah bersumber pada Al-Quran dan Hadist, untuk mendapatkan suatu pesan dakwah yang terpecaya tentunya kita harus melihat siapa yang melakukan dakwah tersebut. Salah satu pendakwah atau yang bisa disebut sebagai da?I muda yang memanfaatkan media sosial tiktok menjadi media dakwah adalah Agam Fachrul dengan akun yang bernama @Hiyung_agam. Agam Fachrul berdakwah melalui media sosial tiktok ini untuk memberikan edukasi tentang agama melalui dakwah kepada targetnya yaitu anak muda atau anak remaja yang mempunyai keresahan atau problem yang dialaminya. Dari uraian tersebut didapatkan rumusan masalah yang berupa 1) bagaimana bentuk pesan dakwah melalui media sosial tiktok dalam akun @Hiyung_agam. 2) faktor apa yang menentukan isi pesan dakwah dalam akun tiktok @Hiyung_agam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menganalisis bentuk isi pesan dakwah yang terdapat dalam akun @Hiyung_agam dengan menjelaskan isi pesan tersebut dan kemudian dikelompokkan kedalam tiga bentuk isi pesan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menentukan terdapat tiga bentuk isi pesan dakwah yakni meliputi pesan akidah mengenai percaya kepada Allah, pesan syariah mengenai ibadah, dan pesan akhlak mengenai tingkah laku manusia. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penentu isi pesan dakwah, pertama tentang keresahan anak muda zaman sekarang dan yang kedua mengenai trend viral yang melenceng dari agama Islam.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox