Abstrak
Dengan teknolgi semakin maju, kini munculah media sosial, selain
untuk berkomunikasi media sosial juga sebagai media untuk
mempromosikan suatu produk dan jasa. Pelaku usaha memanfaatkan
beragam bentuk media sosial untuk memeperluas target pasar dan menarik
minat beli konsumen. Strategi yang sering digunakan oleh pelaku usaha
yaitu Celebrity Endorser. Pemanfaatan Celebrity Endorser membantu
pelaku usaha dalam mempromosikan produk/jasa kepada pengguna media
sosial mengenai produk yang di pasarkan.
Penelitian ini menggunakan paradigma Post-Positivisme dengan
konteks komunikasi massa, teori yang diaplikasikan adalah teori Social
Learning-Modelling, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis eksplanatif. Metode pengumpulan data adalah survey. Populasi
penelitian adalah followers akun Instagram @Fuji_an sebanyak 9,6 jt
followers dengan sampel sebanyak 100 responden dihitung dengan rumus
slovin dan didapat dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Teknik pengumpulan data berupa angket tertutup atau kuesioner, dan
Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis
korelasi Pearson?s Product Moment dan analisis Regresi Linear sederhana
menggunakan software IBM SPSS versi 26.
Hasil uji korelasi Pearson?s Product Moment menunjukan bahwa
koefisien korelasi sebesar 0,436 berada pada kategori sedang. Nilai
signifikan pada 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka korelasi signifikan. Hasil
uji koefisien determinasi kontribusi kualitas Celebrity Endorser @Fuji_an
kepada minat beli produk fashion Jiniso sebesar 39%. Dapat disimpulkan
bahwa Celebrity Endorser @Fuji_an berpengaruh positif terhadap produk
fashion Jiniso dikalangan followers akun Instagram @Fuji_an.