OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-22279
Judul : Praktik Audit Komunikasi Program Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023 di SMK Al-Hasra Bojongsari Kota Depok
Pengarang : Muhamad Sandy Saqifullah
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : Audit Komunikasi, Evaluasi, Kualitas Kinerja, PPDB, SMK Al-Hasra Depok
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-22279 S06-22279 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77062
 Abstrak
Audit komunikasi merupakan alat evaluasi terbaik untuk melakukan penilaian dari pencapaian tujuan suatu program dalam organisasi. Audit komunikasi akan menemukan kekuatan dan kelemahan dari sistem komunikasi, dan tujuan akhirnya adalah dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas kinerja organisasi. SMK Al-Hasra dalam menghadapi PPDB setiap tahunnya tentu perlu untuk melakukan audit komunikasi, karena permasalahan yang dihadapi selalu sama yaitu kurangnya minat masyarakat untuk mendaftar sehingga terdapat hambatan dalam capaian peserta didik. Audit komunikasi akan mengungkap dan mengevaluasi permasalahan yang sebenarnya terjadi, sehingga program PPDB akan berjalan sesuai dengan harapan yaitu tercapainya target peserta didik. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah konsep audit komunikasi dan teori informasi organisasi untuk mempraktikkan audit komunikasi dalam program PPDB tahun ajaran 2022/2023 di SMK Al-Hasra Bojongsari Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan teknik analisis data dengan triangulasi yang terbagi menjadi tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi teori, dan triangulasi metode untuk memudahkan peneliti dalam mendalami dan mencocokkan hasil penelitian dengan teori serta konsep yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahun ini SMK Al-Hasra berhasil mencapai target peserta didik namun dalam perjalanannya memang membutuhkan tenaga besar untuk mencari peserta didik, sehingga hal ini mempertajam temuan peneliti tentang kekuatan dan kelemahan sistem komunikasinya. Hubungan baik dengan pihak luar menjadi kekuatan dalam menyebarkan informasi PPDB SMK Al-Hasra, di samping itu kelemahan pada tidak adanya evaluasi kinerja tiap divisi perlu mendapat perhatian. Pada akhirnya sesuai dengan tujuan audit komunikasi, peneliti menuliskan evaluasi serta rekomendasi dari berbagai temuan selama melakukan audit. Kontribusi yang dihasilkan pada penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya yang serupa, dan menjadi pertimbangan untuk SMK Al-Hasra melakukan pelaksanaan audit komunikasi lebih lanjut.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox