Abstrak
Program Cahaya Hati Indonesia merupakan program acara yang religi
berkonsep tausiah yang menyajikan kajian- kajian tentang agama. Penelitian ini
bertujuan untuk memahami bagaimana strategi produser dalam mempertahankan
eksistensi program acara Cahaya Hati Indonesia di iNEWS.
Penelitian ini menggunakan paradigma Konstrusktivisme. Konsep dalam
penelitian ini menggunakan teori manajemen strategi Peter K, Pringle. Dalam
teori ini memproduksi suatu program acara terbagi menjadi empat sub bab yaitu,
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualtitaif dengan metode peneltian
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara
mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan eksekusi langsung saat
proses pra produksi hingga pasca produksi melalui manajemen strategi,
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang diterapkan
oleh produser Cahaya Hati Indonesia dalam mempertahankan eksistensi
programnya dan terbukti sampai saat ini program Cahaya Hati ini terus berjalan
dan mencapai target yang telah ditetapkan dalam sebuah strategi terhadap
program acara Cahaya Hati Indonesia di iNEWS