Abstrak
Memiliki peserta didik yang aktif dan hasil belajar yang maksimal merupakan harapan besar pada setiap sekolah. Untuk menciptakan hasil belajar peserta didik yang maksimal sangat dipengaruhi oleh guru dalam menerapkan penggunaan model pembelajaran yang efektif pada setiap kegiatan belajar mengajar dikelas. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk dapat mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Nurul Bahri Jakarta Utara. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan keaktifan sisswa mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Nurul Bahri Jakarta Utara. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang selaku guru fiqih , dan 4 siswa kelas VIII mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Bahri Jakarta Utara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Nurul Bahri Jakarta Utara sudah berjalan dengan sangat baik serta memiliki nilai positif baik kepada guru fiqih dan kepada siswa-siswi MTs Nurul Bahri Jakarta Utara yang dapat mempengaruhi hasil belajar yang optimal