Abstrak
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah
penelitian ilmiah terhadap bagian fenomena beserta hubungan dan tujuan penelitian
kuantitatif yaitu untuk mengembangkan dan menggunakan model matematis, teori
dan hipotesis yang berkaitan dengan penelitian yang berlangsung. Dengan metode
penelitian kausalitas yaitu desain penelitiaan yang disusun untuk meneliti
kemungkinan adanya hubun gan sebab- akibat antarvariabel. Dimana hubungan
sebab- akibat tersebut sudah dapat diprediksi oleh peneliti dapat menyatakan
klasifikasi variabel- variabelnya. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu
pelayanan customer service . Sedangkan variabel terikatnya yaitu kepuasan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas
layanan customer service (X) terhadap kepuasan nasabah pada massa pandemi covid
19 (Y). Untuk menghasilkan penelitian tersebut secara mendalam penulis
menggunkan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Teknik kualitas data dan uji
normalitas menggunakan uji kolmogrov, P-P plot, histogram. Uji heterokedastisitas.
Teknik yang digunakan yaitu regresi linear berganda.
Penelitian ini menunjukkan bahwa berwujud (X1) berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah (Y) secara parsial dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai
thitung 3.199> ttabel 2.021. keandalan (Xq) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y)
secara parsial dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai thitung 2.140> ttabel 2.021.
responsif (X3) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) secara parsial dengan
nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai thitung 13.035> ttabel 2.021. jaminan (X4)
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) secara parsial dengan nilai signifikansi
0,00<0,05 dan nilai thitung 2.140> ttabel 2.021. empati (X5) berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah (Y) secara parsial dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai
thitung 23.144> ttabel 2.021.
Pada uji koefisien determinasi (R2) didapatkan nilai koefisien determinasi
apabila variabel X terdiri dari dua variabel dengan melihat nilai R Square. Nilai (R
Square) sebesar 0,922 atau 92,2 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
persentase sumbangan pengaruh variabel bebas kualitas layanan terhadap variabel
terikat kepuasan nasabah sebesar 92,2 %. Sisanya dengan total 7,8 % dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.