Abstrak
Ekstrakurikuler ROHIS adalah salah satu kegiatan yang harus dikembangkan, karena sangat sedikitnya alokasi waktu yang disediakan untuk membahas Pendidikan Agama Islam yang sangat luas dan kompleks. Maka cara yang harus dilakukan adalah dengan memberikan pelajaran di luar mata pelajaran melalui ekstrakurikuler ROHIS, agar pemahaman mereka lebih mendalam. Apabila kegiatan ini dilaksanakan dan dimanfaatkan dengan baik, akan menambah pengetahuan agama Islam yang saat ini masih kurang. Berdasarkan observasi peneliti di SMK Al Muhtadin yang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Februari 2021 . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran, pembimbing ekstrakurikuler Rohis dan murid yang sudah dipilih untuk diwawancarai secara mendalam dengan tujuan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini dan kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan hasil penelitian.
Hasil dari penelitian yang didapatkan Rohis di SMK Al Muhtadin didirikan pada tanggal 12 Februari 2014, yang merupakan kegiatan keagamaan dalam organisasi OSIS. Didalam kegiatan ekstrakurikuler ini terdapat program yang diupayakan dapat meningkatkan prestasi dan menambah pengetahuan agama Islam, diantaranya adalah BTQ, FIQH, dan TAUHID. Penerapan kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan prestasi belajar PAI terdapat di dalam kegiatan ROHIS itu sendiri. ROHIS juga merupakan fasilitator siswa untuk memahami Islam lebih luas. Keberhasilan ekstrakurikuler ROHIS dalam meningkatkan prestasi belajar PAI tidak terlepas dari kerjasama antara semua pihak, baik Kepala Sekolah, Guru, dan Orang tua.