OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-22080e
Judul : Representasi Gaya Hidup Modern dalam Media Sosial Instagram @tantrinamirah
Pengarang : Zulfa Triwahyuningsih
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : Penyiaran
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-22080e S06-22080e TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76754
 Abstrak
Gaya hidup modern merupakan suatu sikap, kepribadian, perbuatan, serta tingkah laku yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Hal ini terjadi karena adanya kesadaran dalam diri manusia untuk terus belajar di tengah perkembangan dunia. Penelitian ini merupakan kajian cultural studies yang bertujuan untuk mengetahui representasi gaya hidup modern sebagai budaya populer. Di mana dalam hal ini, budaya yang ditampilkan dalam akun instagram tersebut adalah kebudayaan popular yang berkaitan dengan kegiatan keseharian yang dapat dinikmati oleh semua orang seperti, fashion¸ perawatan tubuh, minat yang menjadi kebutuhannya. Secara metodologis penelitian ini menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure untuk menampilkan bentuk-bentuk gaya hidup modern dalam akun instagram @tantrinamirah, melalui tanda penanda dan petanda yang ada dalam akun instagram. Hasil penelitian mengenai gaya hidup modern dalam media sosial instagram @tantrinamirah, menemukan bentuk gaya hidup modern yang meliputi busana, pilihan makanan dan minuman, kawasan wisata, hobi dan produk belanjaan. Faktor-faktor yang menentukan gaya hidup modern dalam media sosial instagram @tantrinamirah, diantaranya: Citra diri, terdiri dari gaya berpakaian yang fashionable, gaya hidup sehat, minat terhadap ekslusifitas dan faktor kebudayaan. Ditemukan pula praktik ideologi, ditemukan adanya tanda-tanda tersebut dalam barang-barang yang digunakan menjadi sebuah fenomena dan trend di kalangan masyarakat. Sehingga menciptakan suatu budaya konsumer, di mana konten yang terus ditampilkan akan mampu mempengaruhi tindakan. Penggunaan pada fashion branded menjadi hal biasa, yang menunjukkan minat mereka terhadap produk mewah.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox