OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-22153e
Judul : ?Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur Anak Usia Sekolah di SDN Harapan Baru Bekasi Utara
Pengarang : Silvy Khoiryah
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : BUAH DAN SAYUR
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-22153e S05-22153e TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76735
 Abstrak
Konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu syarat dan sangat penting dalam memenuhi syarat dalam pemenuhan kubutuhan nutrisi dan mengandung gizi seimbang karena merupakan sumber vitamin dan mineral dalam menjaga kesehatan. Salah satu masalah yang berkaitan dengan perilaku makan adalah kurangnya konsumsi buah dan sayur dimana salah satu kelompok usia yang paling rentan jika kurang konsumsi buah dan sayur yaitu anak usia sekolah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah di SDN Harapan Baru di Bekasi Utara. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN Harapan Baru Bekasi Utara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 responden siswa kelas IV dan V. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data terhadap jenis kelamin, pendidikan ibu, pengetahuan ibu, perilaku ibu dengan menggunakan kuesioner yang telah dibuat oleh peneliti. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi Square.Hasil penelitian menunjukkan bahwasebagian besar siswa SDN Harapan Baru memiliki konsumsi buah dan sayur yang kurang (73,6%), jenis kelamin siswa mayoritas perempuan (53,5), pendidikan terakhir ibu yang tinggi (80,6%), pengetahuan ibu yang baik (65,3%), perilaku ibu yang baik (45,1%). Hasil uji statistik meunjukkan bahwa jenis kelamin (p=value 0,243), pendidikan ibu (p=value 0,575), pengetahuan ibu (p=value 0,414), perilaku ibu (p=value 0,191).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox