OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-22057e
Judul : Komunikasi Interpersonal Guru Kepada Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjungpinang Dalam Membangun Kedekatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19
Pengarang : Adinda Amartya Saraswati
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Hubungan Masyarakat
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-22057e S06-22057e TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76707
 Abstrak
Latar Belakang Penelitian ini adalah karena adanya virus Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 mengakibatkan pemberlakuan sekolah jarak jauh atau secara daring (dalam jaringan). Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi mobilitas antar masyarakat. Perahilan sistem pembelajaran ini tentu memerluka adaptasi bagi guru dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjungpinang dalam melakukan pendekatan. Maka dari itu komunikasi interpersonal sangat diperlukan dalam melakukan pendekatan antara guru dengan siswa kelas X. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana komunikasi interpersonal guru kepada siswa dalam melakukan pendekatan selama pembelajaran daring dan apa saja faktor pendorong dan penghambat komunikasi interpersonal guru dalam melakukan pendekatan selamat pembelajaran daring. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori komunikasi interpersonal yakni penetrasi sosial. Teori ini diambil karena relevan dengan permasalahan yang ada. Pendekatan pada penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif dan metode penelitian deskrpitif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu peneliti menemukan bahwa komunikasi interpersonal guru dalam melakukan pendekatan terhadap siswa selama pembelajaran daring sudah berlajan dengan baik. Karena dalam kegiatannya guru selalu memberikan dorongan berupa motivasi agar siswa tetap semangat meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Selama pembelajaran berlangsung tentunya terdapat faktor penghambat dan faktor pendorong selama menjalaninya. Namun semua itu dapat diatasi dengan menggunakan komunikasi interpersonal yang efektif. Secara akademis penelitian ini memberikan deskripsi tentang bagaimana teori komunikasi interpersonal diterapkan saat pembelajarang daring. Saran praktis penelitian ini diharapkan pihak SMA Negeri 1 Tanjungpinang dapat mengembangkan media pembelajaran yang bervariatif lagi agar pembelajaran dapat tercapai lebih maksimal. Saran sosial penelitian ini diharapkan para orang tua juga ikut andil dalam proses pembelajaran, karena hal ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat belajar sang anak.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox