OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-23006
Judul : PENGARUH HARDINESS DAN JENIS KELAMIN TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
Pengarang : Ridha Tasya Maulidia Ardi
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Academic Burnout, Hardiness, Mahasiswa, COVID-19, Pembelajaran Online
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-23006 S08-23006 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76470
 Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh hardiness dan jenis kelamin terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran online di masa Covid-19. Responden pada penelitian ini berjumlah 202 mahasiswa yang berusia 18-25 tahun di Jabodetabek yang sedang mengikuti perkuliahan pembelajaran online pada masa Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun skala yang digunakan untuk academic burnout adalah Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) (α = .870) yang dikembangkan oleh Schaufeli dkk., (2002) dan variabel hardiness diukur menggunakan Dispositional Resilience Scale (DRS-15) (α = .649) yang dikembangkan oleh Hystad dkk., (2010). Dengan teknik analisa Multiple Regression diperoleh rē = .39 dengan taraf signifikansi 0.000 (p<0.01) yang menunjukkan bahwa kontribusi hardiness dan jenis kelamin terhadap academic burnout sebesar 43.9% dan 56.1% kontribusi variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti. Adapun koefisien β pada variabel hardiness diketahui -.661 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Kemudian koefisien β pada variabel jenis kelamin diketahui -.885 dengan taraf signifikansi .420 (p>0.01).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox