OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-23062
Judul : HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERAN IKLAN ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 CIPONDOH KOTA TANGERANG TAHUN 2022
Pengarang : ABU RIZAL HAKIM
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Perilaku merokok, Pengetahuan, Sikap, dan Peran Iklan Rokok
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-23062 S05-23062 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76445
 Abstrak
Global Youth Tobacco Survey pada tahun 2020 melaporkan, 19,2% pelajar di dunia mengkonsumsi tembakau. Kota Tangerang termasuk salah satu kota di Provinsi Banten yang mempunyai proporsi perokok umur 15-19 tinggi sebesar 49,91%. Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Tangerang dari 10 remaja terdapat 7 remaja menjawab sudah pernah merokok. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan peran iklan rokok dengan perilaku merokok siswa di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh kota Tangerang tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 427 siswa/i aktif kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Kota Tangerang Tahun 2022. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah Proportional Startifed Random Sampling dengan jumlah sampel 147 siswa/siswi. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang yang berhubungan dengan perilaku merokok adalah variabel pengetahuan memiliki hubungan bermakna dengan perilaku merokok siswa (pvalue = < 0.0001, PR = 4.741 (2.732 ? 8.225), CI=95%), variabel sikap memiliki hubungan dengan hasil (pvalue = < 0.0001, PR = 5.147 (2.965 ? 8.936), CI 95%) dan variabel peran iklan rokok memiliki hubungan dengan perilaku merokok (pvalue = 0.003, PR = 1.880 (1.202 ? 2.940), CI 95%). Kesimpulan ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan peran iklan rokok siswa dengan perilaku merokok siswa. Saran peneliti agar pihak sekolah dapat memberikan edukasi dan bimbingan kepada siswa/i supaya terhindar dari perilaku merokok dan mempertegas lagi sosialisasi tentang larangan merokok maupun iklan rokok di lingkungan sekolah.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox