OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-22048
Judul : PENGARUH MEKANISME COPING TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI MASA PANDEMI
Pengarang : TALITHA ANINDDYA RATNADEWATI
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : : Stres akademik, Mekanisme coping, Pandemi Covid-19, Skripsi, Mahasiswa
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-22048 S08-22048 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76008
 Abstrak
Pada masa pandemi Covid-19 pemerintah mengambil kebijakan untuk mengalihkan kegiatan yang mengundang banyak orang pada video conference atau komunikasi daring lainnya, hal ini pun berdampak pada stres akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres akademik, serta pengaruh mekanisme coping terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel 202 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi pada masa pandemi Covid-19 terdiri dari laki-laki 63 orang dan perempuan 139 orang. Adapun untuk mengukur kedua variabel, peneliti menggunakan instrumen penelitian SSI (Student-Life Stress Inventory) untuk mengukur stres akademik (α = 0,969) dan WCQ (Ways of Coping Questionnaire) untuk mengukur mekanisme coping (α = 0,940). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi, dengan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan mekanisme coping terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000 (P<0,01). Kontribusi yang diberikan mekanisme coping terhadap stres akademik sebesar 28,2% dan 71,8% kontribusi variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Mekanisme coping juga menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan terhadap stres akademik. Pengaruh positif tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi mekanisme coping yang digunakan oleh individu maka semakin tinggi pula stres akademik yang dialaminya. Hasil penelitian juga menunjukkan persentase tingkatan stres akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dengan kategori tinggi 18,3%, sedang 66,3%, rendah 15,3%. Peneliti selanjutnya disarankan agar meneliti variabel lain yang memberikan pengaruh lebih besar pada stres akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di masa pandemi Covid19.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox