OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-22043
Judul : PENGARUH HUMOR TERHADAP STRESS AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Pengarang : LIA ACKMALIA YUSTIA
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Humor, Stress Akademik
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-22043 S08-22043 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76003
 Abstrak
Pembelajaran online merupakan salah satu penyebab yang timbul dari masa pandemi covid-19. Sehingga perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran online ini membuat mahasiswa harus beradaptasi atau menyesuaikan metode pembelajaran baru. Pada akhirnya mereka sulit untuk beradaptasi dengan kegiatannya dalam akademik dan menyebabkan mahasiswa mengalami gejala stress karena banyaknya tekanan serta tuntutan akademik pada mahasiswa. Dengan mengetahui keadaan saat ini, humor dapat dikatakan sebagai manfaat yang positif untuk seseorang yang menggunakannya, seperti mengurangi tingkat stress atau kecemasan, serta meningkatkan kesehatan psikologis seseorang yang sangat berpengaruh pada kreativitas dan perkembangan kepribadian seseorang (Marwan, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh humor terhadap stress akademik mahasiswa tingkat akhir dalam pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah individu dengan rentang usia 20-25 tahun sebanyak 132 responden mahasiswa tingkat akhir dengan penyebaran kuesioner secara online. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Humor Styles Questionnaire (HSQ) yang dikembangkan oleh Rod Martin dan Particia Doris (2003) yang berjumlah 32 item, dengan koefisien alpha Cronbatch untuk skala uji sebesar 0,975, alat ukur ini digunakan untuk mengukur gaya humor seseorang. Sedangkan skala Academic Stress Inventory (ASI) yang dikembangkan oleh Lin, Ying Min & Farn Shing Chen (2009) dengan jumlah 34 item, dengan koefisien alpha Cronbatch untuk skala uji sebesar 0,989, alat ukur ini digunakan untuk mengukur tingkat stress akademik pada seseorang. Hasil analisa data menunjukkan nilai koefisien r sebesar .627 dan nilai R Square sebesar .393 dengan nilai sig .000 yang berarti variabel humor memiliki pengaruh terhadap variabel stress akademik sebesar 39,3% dan sisanya yaitu 60,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti. Maka dapat diartikan bahwa HA pada penelitian ini diterima dan H0 ditolak.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox