Abstrak
Pada tahun 2020, wabah penyakit COVID-19 masuk ke Indoensia. Hal ini membuat
pemerintah memutuskan mengubah pembelajaran dari tatap muka menjadi jarak jauh
atau daring (Darlan, 2020). Namun, mahasiswa merasa pembelajaran jarak jauh
membuat motivasi mereka untuk belajar justru menurun. Salah satu hal yang membuat
motivasi belajar menurun adalah rendahnya kepercayaan diri serta kemampuan
mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mempelajari mengenai pengaruh self-esteem terhadap Motivasi belajar terhadap
mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Responden penelitian ini
merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang sedang
menjalani pembelajaran jarak jauh yang berjumlah 232 orang yang berusia 16-24
tahun. Variabel self-esteem menggunakan skala RSES (Roseberg Self-Esteem Scale)
yang berjumlah 10 item dan Skala Motivasi Belajar yang berjumlah 24 item. Hasil
penelitian menunjukkan R Square .283 dengan sig .000 yang berarti terdapat pengaruh
positif yang signifikan antara self-esteem terhadap motivasi belajar mahasiswa di
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka selama pembelajaran jarak jauh
berlangsung. Maka semakin tinggi self-esteem semakin tinggi juga tingkat motivasi
belajar mahasiswa.