OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-22040
Judul : PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Pengarang : WIRA YOGA PRADANA
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Self-Esteem, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-22040 S08-22040 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75999
 Abstrak
Pada tahun 2020, wabah penyakit COVID-19 masuk ke Indoensia. Hal ini membuat pemerintah memutuskan mengubah pembelajaran dari tatap muka menjadi jarak jauh atau daring (Darlan, 2020). Namun, mahasiswa merasa pembelajaran jarak jauh membuat motivasi mereka untuk belajar justru menurun. Salah satu hal yang membuat motivasi belajar menurun adalah rendahnya kepercayaan diri serta kemampuan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari mengenai pengaruh self-esteem terhadap Motivasi belajar terhadap mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh yang berjumlah 232 orang yang berusia 16-24 tahun. Variabel self-esteem menggunakan skala RSES (Roseberg Self-Esteem Scale) yang berjumlah 10 item dan Skala Motivasi Belajar yang berjumlah 24 item. Hasil penelitian menunjukkan R Square .283 dengan sig .000 yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara self-esteem terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Maka semakin tinggi self-esteem semakin tinggi juga tingkat motivasi belajar mahasiswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox