Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self disclosure dengan
academic adjustment pada siswa SMPN6 Depok. Penelitian ini menggunakan
teknik kuota sampling dengan total responden berjumlah 301 siswa yang berusia
13 ? 16 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ialah kuantitatif
dengan teknik analisa data korelasi menggunakan bantuan software SPSS versi 24.
Terdapat dua alat ukur digunakan pada penelitian, yaitu Student Adaptation to
Collage Questionnaire (SACQ) yang dikembangkan oleh Baker & Siryk (1984)
dan Revised Self Disclosure Scale (RSDS) dari Wheeless (1978). Hasil penelitian
menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara self disclosure dengan
academic adjustment pada siswa SMPN 6 Depok yang sedang berada pada masa
transisi sistem PJJ menuju PTMT (r=0,896, p<0,01). Diketahui bahwa self
disclosure memiliki hubungan dengan academic adjustment siswa sebesar 89,6%,
maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis menunjukkan Ha diterima dan Ho
ditolak. Adapun Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya
untuk mengontrol dan menetapkan secara presisi jumlah responden yang setara
berdasarkan demografi jenis kelamin dan tingkatan kelas.
Kata kunci : academic adjustment, self disclosure, Pembelaj