OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-22011
Judul : HUBUNGAN ANTARA FUTURE TIME PERSPECTIVE DENGAN ACADEMIC DELAY OF GRATIFICATION PADA MAHASISWA UHAMKA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI
Pengarang : SAFIRA ANJALIE
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : future time perspective, academic delay of gratification, skripsi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-22011 S08-22011 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75970
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan future time perspective dengan academic delay of gratification pada mahasiswa UHAMKA yang sedang menyelesaikan skripsi. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 243 orang dengan rentang usia 21 sampai 25 tahun. Kriteria responden yaitu mahasiswa tingkat akhir dengan jenjang pendidikan sarjana S1 dan sedang dalam tahap penyelesaian skripsi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisa korelasi menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu future time perspective scale (FTPS) yang dikembangkan oleh Husman dan Shell (2008). Selanjutnya academic delay of gratification scale (ADOGS) yang disusun oleh Bembenutty dan Karabenick (1998). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara future time perspective dengan academic delay of gratification pada mahasiswa UHAMKA yang sedang menyelesaikan skripsi (r = 0,209 ? 0,535, p < 0,01 ? 0,001). Dengan demikian, dapat diketahui bahwa future time perspective memiliki hubungan dengan academic delay of gratification mahasiswa sebesar 20,9% ? 53,5% sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk lebih melakukan penyebaran data yang merata sehingga dapat menghasilkan kategorisasi berdasarkan program studi, mengaitkannya dengan variabel lain seperti self regulation serta menggunakan populasi yang berbeda.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox