Abstrak
Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara daring ini peran orang tua sangat penting untuk anak dalam membimbing belajarnya dan mendampingi nya juga. Orang tua merasa pembelajaran di rumah sangat efektif untuk diterapkan, namun bukan berarti pembelajaran di sekolah tidak lebih efektif dibandingkan dengan belajar di rumah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Lalu untuk teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, observasi, kemudian data yang telah didapatkan oleh peneliti dianalisis dan disajikan dalm bentuk reduksi data, penyajian data,dan kesimpulan. Kemudian hasil dari penelitian yang teah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Peran orang tua selama pembelajaran PAI secara daring yaitu memfasilitasi, mengawasi, membimbing, mendampingi, mengetahui karakter anak/gaya belajar anak, motivator kepada belajar anak. 2) Kendala dalam daring ini orang tua tidak membuat putus asa dalam membimbing anak dengan benar. 3) Dalam orang tua membimbing anak dari segi menanyakan anak dalam kesulitan belajarnya sera mengembangkan skill anak. Maka pembelajaran secara daring ini sangat bagus karena dapat berjalan dengan baik untuk berpartisipasi orang tua membimbing anak belajar yang dilakukan di rumah.