Abstrak
Peneliti melakukan penelitian tentang isu yang saat ini masih sering menjadi perbincangan masyarakat, yaitu radikalisme. Dalam hal ini, peneliti ingin menjabarkan terkait perspektif guru pendidikan agama Islam di wilayah DKI Jakarta tentang radikalisme. Ruang lingkup penelitian ini hanya membahas terkait konsep radikalisme dan penyebab radikalisme menurut guru pendidikan agama Islam, serta upaya atau strategi dalam mencegah radikalisme yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di wilayah DKI Jakarta. Radikalisme dalam hal ini merupakan sebuah ideologi, yang tidak hanya dapat diselesaikan dengan pendekatan militer saja. Namun, perlu adanya upaya pendekatan lain yang lebih intens, seperti melalui pendidikan. Banyak kasus yang terindikasi radikalisme, menjadi perbincangan di kalangan masyarakat, mulai dari pemikiran sampai tindakan yang destruktif. Selain itu, tidak jarang radikalisme dikaitkan dengan agama Islam, seolah agama Islam adalah agama yang memproduksi radikalisme. Oleh sebab itu, peneliti berusaha mencari tahu perspektif guru pendidikan agama Islam, yang merupakan pendidik yang bertanggung jawab dalam hal menyampaikan nilai-nilai Islam di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode interview (wawancara) dan focus group discussion (FGD) yang datanya didapatkan dari informan berjumlah 17 guru pendidikan agama Islam di wilayah DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini menghasilkan rumusan konsep radikalisme, penyebab radikalisme, dan upaya atau strategi pencegahan radikalisme menurut perspektif guru pendidikan agama Islam di wilayah DKI Jakarta.