Abstrak
Guru mempunyai 4 Kompetensi yang salah satunya ialah Kompetensi Sosial. Guru PAI harus menguasai dan mengembangkan kompetensi sosial agar dapat berikomunikasi kepada siswa kelas XI di SMK 13 Jakarta dengan baik. Karenanya, tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisi skompetensi sosial guru PAI dalam berkomunikasi dengan siswa kelas XI di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SMK Negeri 13 Jakarta dengan waktu penelitian yang dilakukan bulan Juli ? Agustus. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumentasi serta pengelolaan data menggunakan tringulasi sumber, dan metode analisis datanya menggunakan pengumpulan data, data reduksi, display data dan kesimpulan. Dari hasil wawancara dan kuesioner menunjukkan guru PAI di SMK Negeri 13 Jakarta guru PAI menerapkan kompetensi sosial yang baik, Karena siswa merasakan hubungan berkomunikasi secara efektif. Guru PAI juga melakukan komunikasi yang baik disaat pandemi Covid 19 baik itu di saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Tidak lupa bahwa para guru PAI selalu melakukan controlling dan menjalin komunikasi kepada siswanya melalui grup whatsapp serta dapat disimpulkan bahwa guru PAI mengimpelemntasikan kompetensi sosial dalam berkomunikasi dengan siswa di lingkungan SMKN 13 Jakarta.