Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Alam School Of Universe. Jl. Raya Parung
No.314, Pemagarsari, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
memiliki desain riset studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana konsep
Pendidikan Humanis yang diterapkan para guru-guru pada Sekolah Alam School Of Universe
Parung, Bogor, Jawa Barat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa metode
Pendidikan yang diterapkan Sekolah Alam School Of Universe sangatlah humanis. Yang di mana
dalam metode pembelajarannya para guru-guru lebih mengedepankan dialog dengan rasa cinta dan
kasih kepada peserta didiknya dan lebih mengembangkan potensi para peserta didik. Dengan
program outing yang dimana metode pembelajaranya di luar sekolah, program magang wajib yang
diadakan pada 3 bulan sekali dalam jangka waktu 1 bulan, dan setelah program magang wajib itu
para peserta didik melakukan magang sesuai bakat minatnya, hal ini untuk mengembangkan
mental bisnis dengan metode magang dan belajar pada ahlinya (learn from maestro) program
outing yang di mana peserta didik lebih banyak belajar di luar sekolah untuk mendapatkan
pengetahuan-pengetahuan baru serta melatih sifat kepemimpinan yang berpedoman pada nilai-nilai
Al-Qur?an dan Hadist.