OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-21076
Judul : Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 03 Cipete Selatan
Pengarang : Hadista Ayattu Dina
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek : Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Pembimbing Khusus, Anak Berkebutuhan Khusus, Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-21076 S07-21076 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75877
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model - model pembelajaran yang digunakan guru pendidikan agama islam yang berada di salah satu sekolah inklusi di Jakarta. Di sekolah ini setiap siswa berkebutuhan khusus mendapatkan pembelajaran khusus dari guru tertentu. Sekolah inklusi merupakan sebuah sekolah dimana anak berkebutuhan khusus dan anak normal belajar dalam satu tempat. Sekolah inklusi memberikan sistem pengajaran yang sama terhadap siswanya. Model pembelajaran yang di pilih oleh guru pembimbing atau guru mata pelajaran tertentu digunakan dengan sebaik ? baiknya agar siswa yang berkebutuhan khusus dan siswa yang normal dapat mengerti apa yang di jelaskan dan apa yang di ajarkan oleh guru pembimbing maupun guru mata pelajaran tertentu mereka. Seperti yang kita ketahui pula, Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang di pelajari di sekolah umum termasuk sekolah inklusi. Pembelajaran tentang agama islam ini di kenal luas khususnya negara Indonesia. Penelitian ini dikerjakan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data secara terstruktur dan melakukan observasi kepada pihak ? pihak yang bersangkutan, seperti : guru pendidikan agama islam, anak ? anak berkebutuhan khusus yang ada, dan guru pembimbing khusus yang merupakan seorang konsultan bagi guru pendidikan agama islam saat mengajarkan materi pembelajaran yang sedang di pelajari di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, bila dilihat secara keseluruhan bahwa pelaksanaan manajemen pendidikan inklusif di SDN 03 Cipete Selatan dinilai efektif dan terlaksana dengan baik; Kedua, model pembelajaran yang di gunakan untuk memberikan pengarahan dan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus sangatlah beragam seperti : Ceramah dan lain - lainnya, sehingga guru pendidikan agama islam sendiri dapat mengajarkan siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai macam cara agar siswa berkebutuhan khusus dapat mengerti dengan baik materi yang akan diajarkan oleh guru pendidikan agama islam sendiri;
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox