Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model - model pembelajaran
yang digunakan guru pendidikan agama islam yang berada di salah satu sekolah
inklusi di Jakarta. Di sekolah ini setiap siswa berkebutuhan khusus mendapatkan
pembelajaran khusus dari guru tertentu. Sekolah inklusi merupakan sebuah
sekolah dimana anak berkebutuhan khusus dan anak normal belajar dalam satu
tempat. Sekolah inklusi memberikan sistem pengajaran yang sama terhadap
siswanya. Model pembelajaran yang di pilih oleh guru pembimbing atau guru
mata pelajaran tertentu digunakan dengan sebaik ? baiknya agar siswa yang
berkebutuhan khusus dan siswa yang normal dapat mengerti apa yang di jelaskan
dan apa yang di ajarkan oleh guru pembimbing maupun guru mata pelajaran
tertentu mereka. Seperti yang kita ketahui pula, Pendidikan Agama Islam
merupakan salah satu mata pelajaran yang di pelajari di sekolah umum termasuk
sekolah inklusi. Pembelajaran tentang agama islam ini di kenal luas khususnya
negara Indonesia. Penelitian ini dikerjakan dengan menggunakan metode
kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data secara
terstruktur dan melakukan observasi kepada pihak ? pihak yang bersangkutan,
seperti : guru pendidikan agama islam, anak ? anak berkebutuhan khusus yang
ada, dan guru pembimbing khusus yang merupakan seorang konsultan bagi guru
pendidikan agama islam saat mengajarkan materi pembelajaran yang sedang di
pelajari di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, bila dilihat secara
keseluruhan bahwa pelaksanaan manajemen pendidikan inklusif di SDN 03
Cipete Selatan dinilai efektif dan terlaksana dengan baik; Kedua, model
pembelajaran yang di gunakan untuk memberikan pengarahan dan pembelajaran
bagi anak berkebutuhan khusus sangatlah beragam seperti : Ceramah dan lain -
lainnya, sehingga guru pendidikan agama islam sendiri dapat mengajarkan siswa
berkebutuhan khusus dengan berbagai macam cara agar siswa berkebutuhan
khusus dapat mengerti dengan baik materi yang akan diajarkan oleh guru
pendidikan agama islam sendiri;