Abstrak
Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh metode
demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 3 kelas VII-1 VII-2 VII-3 dan
sample nya adalah kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 Sebagai
kelas control. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang
telah dilakukan uji validitas dan uji realibilitas serta uji prasyarat analisis. Setelah
data terkumpul maka dilakukan analisis, menggunakan analisis independent sample
t test berdasarkan hasil analisis data didapatkan Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < dari
0,05. Maka diartikan terdapat perbedaan hasil belajar pada data pretest dan posttest
yang artinya bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
dan diperoleh nilai t hitung sebesar 8.883 mengartikan lebih besar dari t tabel yaitu
1.997 (8.883>1.997) berdasarkan perhitungan analisis diatas dapat ditarik
kesimpulan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran fiqih di madrasah tsanawiyah Al-Islamiyyah Jakarta.