Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Pendidikan pada Pondok
Pesantren Daarel-Qolam Era Abad 21. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kualitatif dan cara untuk mendapatkan data maka digunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah konsep Pendidikan pada Pondok
Pesantren Daarel-Qolam Era Abad 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep
Pendidikan pada Pondok Pesantren Daarel-Qolam Era Abad 21, didasarkan
beberapa konsep antara lain : Media Pembelajaran yang berbasis teknologi, seluruh
santri di perbolehkaan membawa media pembelajaran berbasis teknologi,
tersedianya sumber belajar di setiap asrama santri sudah berbasis teknologi,
pesantren sudah menggunakan Ujian Nasional menggunakan berbasis teknologi,
metode pembelajaran yang di terapkan pesantren sudah baik, kurikulum yang di
terapkan pesantren yaitu mengkombinasikan dengan kurikulum 2013, Perangkat
pembelajaran pondok pesantren sudah terlaksana dengan baik dan proses
Pembelajaran di pesantren sudah sepenuhnya menggunakan akses internet.