Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti atas
pengaruh antara Pengaruh Quality Product, Word Of Mouth dan Corporate Image
Terhadap Minat Nasabah Tabungan Batara Haji & umroh iB. Penelitian ini
bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan
penyebaran kuesioner kepada nasabah di Bank BTN Syariah KC Tangerang dan
penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Dengan jumlah populasi
nasabah pada Bank BTN Syariah KC Tangerang sebanyak 4.873 nasabah,
pengambilan sampel dilakukan berdasarkan rumus slovin sebanyak 97,98
responden atau jika dibulatkan menjadi 98 responden. Teknik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan menggunakan
cara simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah
Quality Product (X1), Word Of Mouth (X2) dan Corporate Image (X3) sedangkan
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Minat Nasabah Tabungan Batara
Haji & umroh iB (Y).
Dari hasil analisis uji t dengan tingkat signifikansi 5% atau 0,05
menunjukkan bahwa Quality Product sebesar 0,012, Word Of Mouth sebesar
0,021 dan Corporate Image sebesar 0,000 berpengaruh positif terhadap Minat
Nasabah Tabungan Batara Haji & umroh iB secara parsial. Hasil uji F
menunjukkan bahwa secara bersamaan atau simultan variabel Quality Product,
Word Of Mouth dan Corporate Image berpengaruh positif terhadap Minat
Nasabah Tabungan Batara Haji & umroh iB dengan nilai F hitung diperoleh
sebesar 25,905. Sedangkan nilai pada Uji Koefisien Determinasi (rē) sebesar
0,435. Angka ini menunjukkan bahwa Minat dalam menggunakan produk
Tabungan Batara Haji & umroh iB mampu dijelaskan oleh factor Quality Product,
Word Of Mouth dan Corporate Image sebesarr 43,5% sedangkan sisanya 56,5%
dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.