OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-21399E
Judul : FAKTOR ? FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMENORE PADA SISWI KELAS XI DAN XII SMA KARYA AGUNG CILEDUG TAHUN 2020
Pengarang : AFRELLIA FARIDA RIZKA PUTRI
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : dismenore, Faktor Risiko, Remaja, Siswi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-21399E S05-21399E TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75769
 Abstrak
Dismenore merupakan nyeri yang di terjadi saat menstruasi, menyerupai kram di abdomen bagian bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Dismenore Pada Siswi Kelas XI dan XII SMA Karya Agung. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional dan pengambilan data menggunakan Google from dengan teknik proposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 siswi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil univariat menunjukkan kejadian dismenore 68 (63,0%), kebiasaan jarang berolahraga 57 (52,8%), status gizi berat badan tidak normal 58 (53,7%), usia menarche normal 89 (82,4%) dan stress 66 (61,1%). Hasil bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan olahraga dengan (p-value 0.000), tidak ada hubungan antara usia menarche dengan kejadian dismenore dengan (p-value 1.010) dan tidak ada hubungan antara status gizi dengan kejadian dismenore dengan (p-value 0.327) dan terdapat hubungan antara stress dengan kejadian dismenore (p-value 0,014). Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk pihak SMA Karya Agung Ciledug dapat memberikan edukasi terkait kesehatan kepada para siswi nya agar mengetahui informasi kesehatan dan bisa menjaga kesehatan. Dapat juga diterapkan olahraga ringan di waktu jam pelajaran berlangsung agar siswi tidak terlalu merasa stress.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox