Abstrak
Kesehatan lingkungan sekolah merupakan upaya yang bertujuan untuk
meningkatkan, mewujudkan dan mengembangkan derajat kesehatan siswa secara
optimal. Namun, masih banyak diantara siswa yang belum peduli dengan
permasalahan lingkungan secara sungguh-sungguh sehingga belum terwujud
dalam tindakan nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara
pengetahuan,sikap,dan peraturan dengan tindakan siswa kelas VIII di SMPN 24
Tangerang dan SMPN 28 Tangerang.Penelitian ini menggunakan pendekatan
cross sectional. Populasi adalah semua siswa kelas VIII di SMPN 24 Tangerang
dan SMPN 28 Tangerang dengan jumlah sampel sebanyak 245 siswa. Sumber
data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data berupa
wawancara dengan instrumen kuesioner.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan siswa di SMPN 24
Tangerang dalam kategori tinggi sebesar 67,6%, memiliki sikap positif 53,7%,
memiliki tindakan kurang baik sebesar 51,5%, menyadari adanya peraturan
sekolah sebesar 82,4% dan pada SMPN 28 Tangerang pengetahuan tinggi sebesar
58,7%. Memiliki sikap positif sebesar 53,2%, memiliki tindakan kurang baik
sebesar 76,1, menyadari adanya peraturan sekolah sebesar 70,6%. Terdapat
hubungan antara sikap dengan tindakan mengenai kesehatan lingkungan sekolah
pada siswa kelas VIII di SMPN 24 Tangerang(Pvalue 0,027) dan SMPN 28
Tangerang (Pvalue 0,011) tahun 2020. Diharapkan kepada pihak sekolah dapat
terus memotivasi dan mengedukasi para siswa mengenai kesehatan lingkungan
baik itu melalui poster, penyuluhan, ataupun program-program lingkungan yang
lainnya.