OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-21360E
Judul : HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) SAMMARIE BASRA TAHUN 2020
Pengarang : KRIS FEBYTA AULIA
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Kepuasaan pelanggan, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-21360E S05-21360E TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75734
 Abstrak
Kualitas pelayanan dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengukur kepuasaan pelanggan. Kepuasan dinilai dari pelayanan, suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien apabila kenyataan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di RSIA samMarie basra tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap dan rawat jalan poli anak. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan menentukan lamanya waktu pengumpulan data yaitu 1 bulan. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil Univariat menunjukan kepuasaan pelanggan, pasien merasa puas (58,4%), kualitas pelayanan dalam dimensi reliability (kehandalan) cukup baik (61,6%), kualitas pelayanan dalam dimensi responssiveness (daya tanggap) cukup baik (53,0%), kualitas pelayanan dalam dimensi assurance (jaminan) cukup baik (55,7%), kualitas pelayanan dalam dimensi emphaty (empati) baik (55,7%), kualitas pelayanan dalam dimensi tangible (bukti langsung) cukup baik (62,2%). Hasil analisis bivariat menunjukan terdapat hubungan yang signifikan kualitas pelayanan dimensi reliability (Kehandalan) pvalue 0,031 (≤ 0,05), Responsivenes (daya tanggap) pvalue 0,028 (≤ 0,05), Assurance (jaminan) pvalue 0,022 028 (≤ 0,05), Tangible (Bukti Langsung) pvalue 0,041 (≤ 0,05) terhadap kepuasan pelanggan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox