Abstrak
Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali
atau melakukan pembelian ulang produk/jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang.
Bauran pemasaran jasa adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh
perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan
konsumen. Adapun unsur dari bauran pemasaran mencakup produk, harga, tempat, promosi, petugas,
proses, dan bukti fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan
loyalitas pasien. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Waktu penelitian
dari bulan Oktober 2019 sampai Februari 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode cross sectional. Populasi penelitian ini ialah seluruh pasien rawat jalan non BPJS yang
berjumlah 17.830 orang, sampelnya 180 orang, responden pasien rawat jalan yang sudah pernah
memanfaatkan pelayanan Rumah Sakit dengan metode non probability sampling yaitu accidental
sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan bivariat uji chi
square.
Hasil dari analisis univariat menunjukkan pasien yang memiliki loyalitas tinggi yaitu (87,2%).
Untuk penilaian pasien terkait bauran pemasaran menunjukkan bahwa responden yang memiliki
penilaian baik terhadap bauran pemasaran produk (63,9%), harga (62,2%), tempat (53,9%), promosi
(52,8%), orang (65%), proses (57,8%), dan bukti fisik (57,8%). Hasil dari analisis bivariat
menunjukkan ada hubungan bermakna antara bauran pemasaran harga (Pvalue 0,007), tempat (Pvalue
0,002), promosi (Pvalue 0,003), orang (Pvalue 0,011), proses (Pvalue 0,009), bukti fisik (Pvalue 0,009)
dengan loyalitas pasien, sedangkan yang tidak berhubungan yaitu produk (Pvalue 0,051). Oleh karena
itu, Sebaiknya rumah sakit terus meningkatkan kualitas masing-masing variabel dari bauran pemasaran
meskipun beberapa sudah mendapat penilaian baik. Untuk harga alangkah baiknya rumah sakit
memberikan potongan atau diskon pada event maupun waktu tertentu misalnya acara ulang tahun RSIJ
Pondok Kopi atau acara lain. Sedangkan untuk variabel tempat responden yang memberikan pendapat
positif dan menjadi point utama yaitu letak RSIJ Pondok Kopi yang strategis dekat stasiun kereta,
akses yang mudah untuk mencapainya, dan lahan parkir yang luas serta aman. Jadi seluruh variabel ini
harus terus dievaluasi secara berkala sehingga pasien yang puas akan menjadi loyal dan pasien yang loyal tetap berlangganan di RSIJ Pondok Kopi.