Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendaftaran online pasien
dengan aplikasi Infokes Mobile di Puskesmas Kecamatan Cakung tahun 2021. Penelitian
kualitatif ini adalah studi kasus dengan pendekatan analisis sistem. Waktu pelaksanaan
dilakukan pada bulan Januari 2021. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam
secara daring (online) dikarenakan pandemi COVID-19. Informan pada penelitian ini
berjumlah tiga orang yaitu penanggung jawab data dan informasi, Petugas loket
pendaftaran, dan pasien yang menggunakan aplikasi Infokes Mobile.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk aspek Input: puskesmas memiliki
kecukupan jumlah SDM. prosedur penggunaan aplikasi Infokes Mobile yang didapat
petugas loket berasal dari penanggung jawab data dan informasi, yang kemudian,
disampaikan ke pasien dengan menggunakan media power point di ruang tunggu. Sarana
yang ada sangat membantu petugas loket pendaftaran. Sistem pembayaran pasien BPJS
dengan aplikasi Infokes Mobile sudah terintegrasi dengan sistem BPJSnya dan sistem
informasi puskesmas. Untuk aspek Proses: Petugas tidak mendapatkan pelatihan
penggunaan aplikasi Infokes Mobile. Proses pelayanan pendaftaran dengan aplikasi
infokes mobile hanya mencetak bukti pendaftaran. Untuk aspek Output: tidak ditemukan
kendala dalam status pendaftaran pasien.
Saran penelitian ini adalah pihak puskesmas membuat video edukasi Infokes
Mobile yang menarik tentang tata cara pendaftaran online pasien melalui aplikasi Infokes
yang ditampilkan di ruang tunggu. Sehingga, petugas loket pendaftaran tidak perlu menghentikan pelayanan pendaftaran pasien untuk menyosialisasikan aplikasi Infokes kepada pasien.