OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-21228
Judul : Analisis Rekredensialing dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Pelayanan Rawat Jalan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Klinik Pratama Meyta Medika Bantargebang Bekasi Tahun 2021
Pengarang : Salma Gina Alviani
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : ILMU KESEHATAN - KESEHATAN MASYARAKAT - SKRIPSI - 2021
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-21228 S05-21228 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75591
 Abstrak
Rekredensialing merupakan kegiatan peninjauan ulang terhadap penyimpanan datadata faskes berkaitan dengan pelayanan profesinya yang mencakup lisensi, riwayat malpraktek, analisis pola praktek dan sertifikasi untuk melakukan kualifikasi faskes, dan merupakan proses evaluasi untuk menyetujui ataupun menolak Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk dapat melanjutkan perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Pada saat pelaksanaan rekredensialing faktor yang sering menyebabkan nilai rekredensialing pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tidak sesuai dengan capaian indikator yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Rekredensialing dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Pelayanan Rawat Jalan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Klinik Pratama Meyta Medika Bantargebang Bekasi Tahun 2021. Dalam penelitian ini, metodologi yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data dengan cara observasi, telaah dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Input: Standard Operating Procedure (SOP) klinik masih belum memenuhi karena adanya persyaratan STR Dokter yang belum bisa terpenuhi. Lingkup pelayanan yang belum memenuhi karena masih adanya pelayanan kesehatan yang tidak ditunjang dan penggunaan Aplikasi SIM BPJS klinik belum maksimal. Sarana dan prasarana, dan Peralatan medis di Klinik Pratama Meyta Medika belum memenuhi dan mencukupi karena masih terdapat beberapa peralatan yang belum di miliki klinik. Output: Klinik Pratama Meyta Medika selama 3 tahun terjalinnya kerjasama sudah memenuhi persyaratan/kriteria yang diberikan BPJS Kesehatan, tetapi tahun ke empat klinik memiliki permasalahan di persyaratan mutlak yaitu STR Dokter mengakibatkan nilai hasil rekredensialing klinik dalam kategori B direkomendasikan yang berarti masih dapat bekerjasama kembali jika persyaratan yang kurang dapat dipenuhi. Tetapi, pihak BPJS Kesehatan langsung memutus kontrak kerjasama tanpa memberikan dispensasi atau waktu keringanan. Saran dalam penelitian ini, diharapkanpihak klinik dapat menambah pelayanan kesehatan diantaranya KB, pelayanan kunjungan rumah dan prolanis yang dapat ditunjang agar peserta BPJS tidak dialihkan ke jejaring dan BPJS Kesehatan untuk memberikan keringanan waktu terkait persyaratan/kriteria mutlak pada STR Dokter dalam proses rekredensialing, klinik dapat mempersiapkan persyaran/kriteria mutlak karena persyaratan tersebut tidak dapat dinegosiasikan atau mendapatkan dispensasi keringanan waktu.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox