Abstrak
Satu diantara pelayanan yang ada di unit instalasi rawat jalan ialah
pelayanan dibagian poli jantung yang memiliki peranan sangat penting untuk
memberikan kualitas pelayanan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kualitas pelayanan
petugas kesehatan di poli jantung RSUD Kota Tangerang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi
penelitian ini adalah pasien di Poli Jantung Rumah Sakit Umum Daerah Kota
Tangerang, jumlah sampel 120 responden dengan teknik pengambilan sampel
non-probability sampling. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil
univariat menunjukkan bahwa responden usia dewasa lebih banyak (58,3%), jenis
kelamin perempuan (58,3%), pendidikan tinggi (55%), bekerja (76,7%) dan
responden dengan kualitas kehandalan baik sebesar (65%), daya tanggap baik
(55%), jaminan baik (54,2%), empati baik (50,8%), bukti fisik baik (50%). Hasil
analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara
karakteristik pasien dengan kualitas pelayanan kesehatan. Sebaiknya pihak
Rumah Sakit meningkatkan kualitas pelayanan dan memberi pelatihan kepada
petugas kesehatan dimensi kehandalan yaitu pada tagihan terperinci dengan jelas
dan benar, daya tanggap yaitu pada dokter dan perawat melayani dengan cepat,
jaminan yaitu pada dokter mempunyai pengetahuan dan keterampilan medis,
empati yaitu pada perawat memberikan perhatian dan pelayanan kepada pasien
tanpa pilih-pilih dan bukti fisik yaitu pada fasilitas peralatan modern/fasilitas
penunjang di Poli Jantung Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang