OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-21313E
Judul : PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA REMAJA (16-18 TAHUN) DI SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN 2020
Pengarang : NOVIA PUSPITA
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Pop Up Book, RemajaPengetahuan, Gizi Seimbang
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-21313E S05-21313E TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75474
 Abstrak
Remaja rentan akan kesehatannya yang berhubungan dengan perilaku makan, bahkan dampak panjang mengakibatkan produktivitas menurun saat usia semakin bertambah sehingga perlu adanya intervensi gizi. Pop up book merupakan gabungan pendidikan dan kesenian yang digunakan sebagai media intervensi dengan sajian yang lebih menarik dan praktis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intervensi gizi dengan media pop up book terhadap peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja (16 -18 tahun) di SMA Negeri 1 Slogohimo tahun 2020. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment design dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 46 siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo, Wonogiri. Penelitian dilakukan kepada 46 siswa dengan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi. Media intervensi gizi yang digunakan adalah pop up book yang berjudul ?Cegah Stunting Sejak Dini Gizi Seimbang untuk Remaja?. Berdasarkan uji statistik, pada kelompok pop up book menggunakan uji paired sampels t test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan skor pengetahuan pretest dan posttest (p 0,000) dan leaflet menggunakan uji wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan skor pengetahuan pretest dan posttest (p 0,000). Selanjutnya, ada pengaruh pengetahuan remaja setelah diberikan intervensi pada kelompok pop up book dan leaflet (p 0,007).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox