Abstrak
Pendidikan yang berkualitas merupakan syarat mutlak untuk mencapai
tujuan pembangunan nasional. Dengan demikian pendidikan akan mencetak
sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing. Banyak upaya pemerintah
dalam meningkatkan mutu pendidikan, antara lain dengan adanya otonomi daerah
atau desentralisasi yang dalam dunia pendidikan menghasilkan Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS).
Skripsi ini membahas mengenai MBS dalam sebuah lembaga pendidikan,
yakni berkaitan dengan keefektifitasan MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan
di MTs. Nurussalam Pondok Pinang Jakarta Selatan. Berkaitan dengan peningkatan
mutu MBS memberikan otonomi kepada sekolah yang meliputi pengelolaan
akademik, pengelolaan sarana-prasarana, pengembangan staf, hubungan
masyarakat, dan pengelolaan siswa, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan
mutu pendidikan di Indonesia terutama di MTs. Nurussalam Pondok Pinang Jakarta
Selatan.
Metode yang digunakan antara lain: metode observasi pada objek penelitian
memberikan banyak kontribusi dalam penelitian ini, wawancara dengan kepala
sekolah, dan study dokumentasi. Berdasarkan analisa data, diperoleh deskripsi data
pada aspek otonomi sekolah dan pengelolaan sarana dan prasarana hasilnya adalah
efektif. Hal ini menunjukkan penetapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Nurussalam Pondok Pinang Jakarta
Selatan masih harus ditingkatkan kembali sehingga peningkatan mutu pendidikan
dapat tercapai dengan baik.