Abstrak
Periklanan sebagai salah satu bentuk komunikasi penyampaian pesan
tentang barang dan jasa, sangat penting dilaksanakan untuk menunjang
peningkatan volume penjualan, terutama untuk produk baru. !klan
memperkenalkan dan memberitahukan eksistensi Dalam periklanan yang sangat
mempengaruhi keefektifan penyebarannya adalah dari pesan iklan. Penelitian ini
memfokuskan pemahaman olahragawan di GOR Velodrome terhadap lklan
AQUA #AdaAQUA momen gagal fokus "ZONK" versi ngomong Jepang di
televisi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori kognitif. Kognitif
meliputi kesadaran untuk memahami informasi yang diberikan. Tahap ini meliputi
awareness dan knowledge. konsumen memproses informasi ketika membaca dan
melihat ilustrasi atau foto (visual), dan mendengar audio dari sumber informasi
tersebut. Dalam penelitian ini pembahasan hanya sampai pada tahap kognitif
karena penelitian ini ingin melihat pemahaman olahragawan di GOR Velodrome
terhadap iklan AQUA #AdaAQUA Momen Gagal Fokus "ZONK" versi ngomong
Jepang di televisi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan metode survei. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan
kuisioner sebagai metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah olahragawan
di GOR Velodrome. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampel Taro Yamane.
Adapun dari data yang diperoleh memperlihatkan bahwa hasil penelitian
memperlihatkan bahwa pemahaman olahragawan di GOR Velodrome terhadap
iklan AQUA #AdaAQUA Momen Gagal Fokus "ZONK" versi ngomong Jepang
di televisi termasuk kedalam kategori pemahaman tinggi, baik dari alur ceritanya
maupun pesan yang disampaikan oleh iklan tersebut.
Pemahaman olahragawan di GOR Velodrome terhadap iklan AQUA
#AdaAQUA Momen Gagal Fokus "ZONK" versi ngomong Jepang di televisi
adalah paham, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi kualitas dalam
mempromosikan produk, baik di media cetak atau media elektronik. Hal tersebut
agar khalayak dapat dengan mudah untuk memahami dan mengerti pesan yang
disampaikan dalam iklan suatu produk.