Abstrak
Waktu tunggu digunakan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan
mulai tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter, kemudian
menjadi pertimbangan pasien untuk bersikap positif terhadap pelayanan kesehatan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui determinan waktu tunggu pasien rawat jalan
di Poli Umum Rumah Sakit X tahun 2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret
2018 di Poli Umum Rumah Sakit X Kota Bekasi. Disain penelitian yang digunakan
adalah Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling.
Sampel pada penelitian sebanyak 100 pasien. Hasil analisis univariat penelitian ini
menunjukkan distribusi responden hasil rata-rata pada waktu tunggu 52% tidak sesuai
standar (≥ 60 menit), 29% dokter terlambat (≥ pukul 08.00), 58% jumlah pasien
perhari ?banyak? (> 28 orang), 88% status pasien ?lama?, lamanya pemeriksaan
pasien sesuai standar < 15 menit (86%). Hasil analisis chi square menunjukkan dari
semua variabel ada yang memiliki hubungan yaitu keterlambatan dokter (0,000) dan
status pasien (0,046), sedangkan yang tidak memiliki hubungan yaitu jumlah pasien
perhari (0,456) dan lamanya pemeriksaan pasien (0,460). Diharapkan pihak Rumah
Sakit untuk semakin meningkatkan kualitas sarana dan prasarana serta kompetensi
tenaga kesehatan semaksimal mungkin.