Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan atau keterkaitan
antara Career self esteem yang dimiliki oleh siswa kelas 3 dan lulusan pendidikan
menengah kejuruan dengan kemampuan Career Adaptability dalam persaingan
dunia kerja. Penelitan ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada
lingkup siswa kelas 3 dan lulusan pendidikan menengah kejuruan (SMK).
Responden penelitian yang dimiliki sebanyak 141 responden siswa kelas 3 dan
lulusan pendidikan menengah kejuruan (SMK).. Pada penelitian ini menggunakan
pendekatan Kuantitatif dengan metode pengumpulan data Non Probability
Sampling dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala
Kemampuan Adaptasi Karir (CAAS) yang disusun oleh (Savickas & Profeli,
2012) dan Skala Career Self Esteem (SEI-Coopersmith) yang disusun oleh
(McGraw-Hill Companies, 2005). Teknik analisis Statistik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Korelasi yang dimana analisis ini menguji hubungan
antara dua variabel yaitu Career Self Esteem Scale dan Career Adaptability Scale.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang
signifikan antara Career Self Esteem dengan Career Adaptability dengan nilai
signifikan sebesar 0.033 dengan taraf signifikan P< 0.05 dengan nilai Pearson
Correlation sebesar -0.180 yang artinya memiliki hubungan dengan tingkatan
rendah. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
Career Self esteem semakin tinggi pula kemampuan Career Adaptability pada
siswa lulusan pendidikan vokasi. Maka kemampuan adaptasi karir berhubungan
positif dengan harga diri karir yang dimiliki siswa dengan lulusan pendidikan
vokasi.