OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-21048
Judul : HUBUNGAN KEARIFAN DAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA YANG PERNAH MENJADI KORBAN BULLYING
Pengarang : Wika Wiharsih
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Perilaku Asertif, Kearifan, Bullying, Remaja
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-21048 S08-21048 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74877
 Abstrak
Salah satu perilaku kekerasan yang sering terjadi pada remaja adalah perilaku bullying. Dampak dari perilaku bullying seringkali tidak disadari baik oleh pelaku, korban, guru, maupun orang tua karena perilaku ini bersifat psikis dan emosional yang prosesnya berlangsung lama dan perlahan, sehingga efeknya tidak dapat langsung terlihat. Salah satu faktor yang cenderung menentukan menjadi korban bullying adalah perilaku asertif dan kearifan pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan kearifan dan perilaku asertif pada remaja yang pernah menjadi korban bullying. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan responden remaja berusia 13-15 tahun. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-random sampling dengan teknik sampling purposive sampling. Instrument pengumpulan data untuk mengukur kearifan menggunakan Adolescent Wisdom Scale yang disusun oleh Jason (2002) dan untuk mengukur perilaku asertif menggunakan The Rathus Assertiveness Schedule yang dikembangkan oleh Spencer A. Rathus, (1973). Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisa korelasi. Diharapkan penelitian ini dapat memberi manfaat berupa wawasan sekaligus menanamkan karakter yang positif kepada remaja agar terhindar dari perilaku bullying
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox