Abstrak
(Career Decision Learning Experiences) merupakan suatu pemahaman tentang
memahami potensi pengalaman belajar individu yang berbeda mengenai keputusan
karir di masa depan dan untuk mengurangi kesulitan muda dalam menghadapi
keputusan karier mereka untuk pertama kalinya (Bike, 2013). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar dalam pengambilan
keputusan karir terhadap adaptabilitas karir. Responden penelitian sebanyak 141
responden dengan jumlah subjek 41 orang laki-laki dan 100 orang perempuan yang
merupakan siswa/i kelas 3 SMK maupun lulusan dari SMK didapatkan secara acak
pada wilayah JABODETABEK. Menggukanakan pendekatan kuantitatif dengan
metode pengumpulan non probability samping dengan instrumen yang digunakan
adalah Skala Adaptabilitas Karir (CAAS; Savickas & Porfeli, 2012) dan Career
Decision Learning Experience Scale (CDLE; Bike, 2013). Teknik analisis statistik
yang digunakan adalah analisis hirarki regresi menggunakan (SPSS) versi 23.0.
Hasil dari penelitian yang diperoleh dengan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0.636
dan nilai kontribusi R Square sebesar 0.405. Hal ini menunjukan pengaruh variabel
pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan terhadap adaptabilitas karir
sebesar 40,5% dengan nilai R Square Change sebesar 0.405 dan tingkat signifikan
sebesar 0.000 (P<0,05) yang artinya signifikan. Artinya variabel pengalaman
belajar dalam pengambilan keputusan karir memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap variabel adaptabilitas karir. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin
tinggi pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karir maka semakin tinggi
tingkat kemampuan adaptabilitas karir pada lulusan pendidikan vokasi.