OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-21031
Judul : PENGARUH KOPING RELIGIUS DAN HARDINESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
Pengarang : Atika Rahmania El Barusi
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : COVID-19, Hardiness, Stres Akademik, Koping Religius, Mahasiswa, Pembelajaran Online
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-21031 S08-21031 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74848
 Abstrak
Pembelajaran online atau daring merupakan sebuah alternatif pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Tentu saja dalam pelaksanaan pembelajaran online tersebut pasti terdapat kesulitan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa. Tuntutan akademik yang harus siap dihadapi setiap hari cenderung menjadi salah satu bagian dari kehidupan mahasiswa, hal ini disebut dengan stres akademik. Tekanan dan tuntutan akademik membuat peran mahasiswa harus mengikuti dan menyelesaikan tugastugas akademis yang menjadi stressor tersendiri yang bisa menyebabkan mahasiswa menjadi stress, terutama di kondisi pandemi saat ini. Maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh koping religius dan hardiness terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran online di masa COVID-19. Responden pada penelitian ini berjumlah 252 mahasiswa yang beragama Islam dengan berbagai macam perguruan tinggi di Jakarta yang sedang mengikuti perkuliahan pembelajaran online pada masa COVID-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun skala yang digunakan untuk mengukur variabel koping religius adalah Iran Religious Coping Scale (IRCOPE) (α = .861), variabel hardiness diukur menggunakan Dispositional Resilience Scale (DRS-15) (α = .715), dan variabel stres akademik diukur menggunakan Academic Stress Inventory Scale (α = .928). Dengan teknik analisa Multiple Regression diperoleh rē = 0,221 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01) yang menunjukkan bahwa kontribusi koping religius dan hardiness terhadap stres akademik terdapat 22,1% dan 77,9% kontribusi variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti. Implikasi penelitian ini adalah koping religius dan hardiness dapat memperkecil stres seseorang dan memudahkan keberhasilan akademik mahasiswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox