Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap
kebahagiaan mahasiswa tingkat akhir di sekolah tinggi kedinasan. Responden
penelitian ini berjumlah 155 responden. Instrument yang digunakan untuk variabel
kebahagiaan adalah Oxford Happiness Questionnaire (OHQ) yang dikembangkan
oleh Hills dan Argyle (2002) terdiri dari 29 item . Dan instrument yang digunakan
untuk kecerdasan emosi adalah Wong and Law Emotional Intelligence Scale Score
(WLEIS) yang dikembangkan oleh Wong and Law (2002). Terdiri dari 16 item.
Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statistical
Package for the Social Sciences (SPSS). Tekinik analilis statistik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Uji Regresi untuk mencari tahu adanya pengaruh
kecerdasan emosi terhadap kebahagiaan. Relibialitas instrument diukur dengan
alpha Cronbach dengan koefisien relibialitas sebesar 0.712 pada skala kebahagiaan
dan 0.792 pada skala Kecerdasan Emosi. Berdasarkan hasil analisa yang telah
dilakukan oleh peneliti dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kebahagiaan terhadap kecerdasan emosi dengan nilai R Square sebesar 0.258 dan
taraf signifikan sebesar 0.00 (P <0.05). Hal ini menunjukan bahwa kebahagiaan
berkontribusi terhadap kecerdasan emosi sebesar 25.8% dan sisanya variabel yang
tidak dibahas dalam penelitian ini sebesar 74.2%, yang berarti bahwa adanya
pengaruh positif yang signifikan kebahagiaan terhadap kecerdasan emosi. Hal ini
menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis null (Ho)
ditolak