OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-21007 E
Judul : Pengaruh Efikasi diri dan Orientasi Tujuan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Penghafal Al-Qur'an
Pengarang : Himmah Rosyidah
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Efikasi Diri, Orientasi Tujuan, dan Prestasi Akademik.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-21007 E S08-21007 E TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74821
 Abstrak
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dimensidimensi orientasi tujuan terhadap prestasi akademik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Self Efficacy yang disusun oleh Roeser, Midgley, & Urdan, (1996), Achievement Goal Orientation yang disusun oleh Was Christoper, (2006) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari responden. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis hirarki regresi. Penelitian ini melibatkan responden yang berjumlah 154 mahasiswa pengahafal Al-Qur?an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dan tujuan penguasaan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi akademik dilihat dari nilai β sebesar 0,000 dan nilai signifikan sebesar 0,985 (p>0,05). Selanjutnya, pada efikasi diri dan dimensi tujuan pencapaian kinerja terhadap prestasi akademik didapati hasil positif tidak signifikan, dilihat dari nilai β sebesar -0,006 dan nilai signifikan sebesar 0,253 (p>0,05). Sedangkan pengaruh efikasi diri dan dimensi tujuan penghindaran terhadap prestasi akademik, didapati hasil negative signifikan, dilihat dari nilai β sebesar -0,006 dan nilai signifikan sebesar 0,019 (p<0,05). Dan terakhir, pengaruh efikasi diri dan dimensi tujuan penghindaran kerja terhadap prestasi akademik, juga didapati hasil negatif signifikan, dilihat dari β sebesar -0,013 dengan nilai t sebesar -2,348 dan signifikan sebesar 0,020 (p<0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan apabila semakin tinggi efikasi diri ditambah dengan dimensi tujuan penghindaran kinerja dan dimensi tujuan penghindaran kerja, maka akan semakin rendah prestasi akademiknya.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox