OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-21335
Judul : Analisis Sikap Audience di Perum Taman Kirana Surya terhadap Product Placement dalam Sinetron Tukang Ojek Pengkolan
Pengarang : Ilham Hardiyanto
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : Product Placement, Sinetron Tukang Ojek Pengkolan, Sikap Audience.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-21335 S06-21335 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74708
 Abstrak
Sinetron Tukang Ojek Pengkolan merupakan sinetron dengan rating yang tinggi, karena hal itulah banyaknya Product Palcement di dalam tayangan tersebut. Product placement adalah salah satu bentuk alternatif untuk membuat sebuah tayangan iklan dengan cara yang lebih halus, dan merupakan satu kesatuan dengan media untuk mengangkat visibilitas merek. Product Placement merupakan alat strategi iklan yang cukup efektif di masa sekarang karena strategi ini cukup efektif dalam menghindari perilaku zapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah product placement dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan mempengaruhi sikap audience di perumahan Taman Kirana Surya. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dan S-O-R. Karena adanya stimulus yang didapat dari tayangan televisi kemudian diterima oleh audience dan kemudian menimbulkan sebuah respon yaitu berupa sikap oleh audience. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Tujuannya untuk mengetahui apakah terjadi perubahan sikap setelah melihat product placement dalam tayangan sinetron Sinetron Tukang Ojek Pengkolan. Metode penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah audience di perumahan Taman Kirana Surya sebanyak 5.249 dengan sampel 99 responden dihitung dengan rumus Slovin dan didapat dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode survei. Teknik analisis data uji regresi linier dan uji korelasi Pearson?s Product Moment. Hasil menunjukan adanya persamaan regresi linear sederhana Y = 25,534 + 1,273X. Kontribusi pengaruh X terhadap Y sebesar 53,6%. Koefisien korelasi yang didapat dari uji korelasi Pearson?s Product Moment sebesar 0,732. Nilai signifikansi (0,000<0,05) korelasi signifikan. Responden membentuk sikap bahwasannya ditampilkannya product di dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan adalah hal yang wajar denga skor 383, kemudian melarang munculnya Product Placement dalam tayangan sineton Tukang Ojek Pengkolan dengan skor 329, karena tidak ada salahnya menempatkan produk asalkan tidak mengganggu jalan cerita sinetron Tukang Ojek Pengkolan denga skor 376.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox