Abstrak
Permasalahan gizi yang banyak terjadi pada anak usia sekolah dasar salah satunya disebabkan kurangnya pengetahuan gizi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ialah dengan edukasi gizi mengenai pedoman gizi seimbang. Komik menjadi salah satu media yang sangat digemari anak ? anak yang kini telah banyak dimanfaatkan sebagai media edukasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media komik terhadap pengetahuan dan sikap mengenai pedoman gizi seimbang pada siswa kelas 5 Dan 6 di SDN Banjarnegara 1 dan SDN Banjarnegara 2, Kabupaten Pandeglang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 70 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap pada kedua kelompok diuji menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan dan sikap gizi seimbang sebelum dan sesudah intervensi antara kedua kelompok ( P<0.05). Adanya pengaruh edukasi dengan media komik terhadap pengetahuan dan sikap mengenai pedoman gizi seimbang pada siswa kelas 5 dan 6 (P<0.05).