OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-21257
Judul : Hubungan Pengetahuan Gizi, Status Gizi dan Tingkat Pemahaman dengan Perilaku Membaca Label Gizi pada Mahasiswa Prodi Gizi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Pengarang : Alfi Nur Akhfa
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Label Gizi, Perilaku Membaca, Pengetahuan Gizi, Status Gizi, Tingkat Pemahaman.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-21257 S05-21257 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74615
 Abstrak
Perilaku membaca label gizi merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam produk kemasan makanan tersebut. Membaca label gizi diperlukannya pengetahuan agar mendapatkan informasi yang benar dari produk kemasan tersebut. Adanya faktor yang mempengaruhi konsumen tidak membaca label gizi yaitu kurangnya pemahaman mengenai label gizi, serta pengaruh status gizi konsumen yang memiliki IMT >25 kg/mē menunjukkan kurangnya perilaku untuk membaca label gizi karena lebih fokus pada produk makanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan pengetahuan gizi, status gizi, dan tingkat pemahaman dengan perilaku membaca label gizi pada mahasiswa fakultas ilmu-ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 133 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik quota sampling. Data perilaku membaca label gizi, pengetahuan gizi dan tingkat pemahaman menggunakan kuesioner dan status gizi menggunakan pengukuran antropometri. Hasil analisis Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antar pengetahuan gizi dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,000), ada hubungan status gizi dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,034) dan ada hubungan tingkat pemahaman dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,000). Diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku membaca label gizi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox