OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-21014
Judul : Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Bayi Mengenai Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di Kampung KB Kecamatan Bekasi Utara
Pengarang : Syafa Ainur
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-21014 S05-21014 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74610
 Abstrak
Masalah gizi dan kurangnya pengetahuan akan pentingnya asupan makan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih ditemukan di Indonesia hingga sampai saat ini. Pedoman pemberian makan bayi dan anak (PMBA) merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap ibu mengenai pemberian makan bayi dan anak (PMBA). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan jenis rancangan Nonequivalent Control Group Desain. Lokasi penelitian dilakukan di kampung KB Kecamatan Bekasi Utara. Edukasi gizi dilakukan dengan menggunakan media buku saku, edukasi dilakukan sebanyak 3x dalam waktu 3 minggu. Teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 30 orang dan akan dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok intervensi 15 orang yaitu kelompok yang diberi edukasi gizi metode ceramah dan tanya jawab dengan menggunakan media buku saku dan kelompok kontrol 15 orang yang diberikan media buku saku saja tanpa ceramah dan tanya jawab. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan gizi ibu sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi (p=0.0001), dan pada kelompok kontrol (p=0.0001) namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan gizi antar kelompok intervensi dan kontrol (p=0.098). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap ibu sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi (p=0.0001), dan pada kelompok kontrol (p=0.005) dan terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap ibu antar kelompok intervensi dan kelompok kontrol (0.009).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox