Abstrak
Administrasi rumah sakit adalah suatu proses kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, pengawasan , pengkoordinasian dan penilaian
terhadap sumber, tatacara, dan kesanggupan yang tersedia untuk
memenuhituntutan terhadap kesehatan, perawatan serta lingkungan yang sehat
dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang
ditujukan kepada perseorangan, keluarga, kelompok atau masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat kualitatif menggunakan
data sekunder dan data primer. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan
wawancara mendalam dengan informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan
sistem pelayanan administrasi BPJS rawat inap kelas III seperti Kepala
Admission, Wakil Kepala Admission, Staff Admission, Petugas SEP rawat inap,
Kepala Keperawatan kelas III, Perawat kelas III dan Pasien/Keluarga pasien BPJS
kelas III. Kegiatan ini dilakukan dari bulan Januari 2018 sampai dengan Februari
2018. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai hal-hal yang berperan dalam
kegiatan sistem pelayanan administrasi BPJS rawat inap kelas III seperti yang ada
di proses yaitu SDM, SOP, Sarana Prasarana, Penerimaan, Verifikasi,
Keperawatan, sampai dengan Pasien Pulang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah petugas pasien BPJS yang ada di
RSUP Persahabatan yang terlibat masih dirasa kurang. Sistem aplikasi atau
jaringan di admission sering terjadi error atau nge-hang.
Saran yang dapat disampaikan adalah adanya penambahan SDM di
admission dan penambahan komputer di admission.