Abstrak
Syifa Fatimah, Pengaruh Kecerdasan Musik Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma School Of
Human. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Keberhasilan belajar siswa dapat lihat dari segi kecerdasan nya. Karena
Kecerdasan tidak hanya dinilai dari satu kecerdasan yang dinilai oleh angka tetapi
banyak kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Musik tidak hanya dipelajari secara
auditori tapi juga melibatkan semua funsi pancaindra. Sehingga mata pelajaran
PAI bisa dikembangkan dengan proses pembelajaran kecerdasan majemuk di
sekolah. Dengan menggunakan berbagai metode yang menunjang untuk
mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa mengetahui
kecerdasan apa yang mereka miliki bisa mempermudah siswa dalam belajar di
kelas.
Penelitian ini menggunakan metode kuantatif, untuk mengetahui berapa
persentase pengaruh Kecerdasan Majemuk terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran PAI. Populasi yang digunakan yaitu kelas X di SMA School Of Human.
Untuk pengambilan data menggunakan metode sampling jenuh karena dengan itu
diharapkan dapat mewakili populasi yang ada.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan
penyebaran kuesioner yang menggunakan model skala likert. Kuesioner tersebut
berkaitan dengan kecerdasan majemuk, yang disebarkan kepada 50 anak yang
menjadi sample dalam penelitian ini. Dalam pengambilan data digunakan metode
sampling jenuh. Sedangkan untuk pengujian data digunakan uji regresi linear
sederhana yang dalam pengolahannya dibantu dengan software statistika yaitu
SPPS 17.0.
Hasil penelitian yang telah di analisis menunjukkan terdapat pengaruh
kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dengan tingkat 42,5% dan 57,5% kemungkinan dapat disebabkan
faktor lain di luar dengan factor-faktor yang lain. Sedangkan persamaan regresi
linear terjadi hubungan antara dua variabel, yang artinya dimana semakin siswa
mengetahui kecerdasan yang mereka tahu semakin mempermudah dalam belajar.
Diperkuat oleh hasil wawancara yaitu terdapat pengaruh 70%-80% dengan
penerapan proses pembelajaran kecerdasan majemuk maka semakin meningkat
hasil belajar pada mata pelajaran PAI.